7 Investasi terbaik untuk persiapan masa pensiun

7 Investasi terbaik untuk persiapan masa pensiun

Saat kita berada pada masa produktif seharusnya kita mempersiapkan sebuah investasi yang membuat hari tua kita lebih tenang dan nyaman. Masa hari tua yang identik disebut masa pensiun merupakan waktu yang tepat untuk bersantai dan menikmati sisa umur kita. Untuk mendapatkan kenyamanan di hari tua, kita perlu mempersiapkan investasi terbaik untuk persiapan masa pensiun. Menurut beberapa sumber, kurang lebih ada 7 investasi terbaik yang bisa anda persiapkan mulai sekarang.


Kenapa harus mempersiapkan dana pensiun dari sekarang?


Seperti yang kita ketahui, masa pensiun adalah masa dimana kita sudah tidak produktif lagi. Masa yang tidak produktif membuat kita sudah tidak bisa bekerja lagi. Kita hanya perlu menghabiskan hari dengan santai, tenang dan damai.

Jika memang anda ingin masa pensiun jadi lebih tenang, aman dan damai, anda harus mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Sehingga pada saat pensiun, anda sudah tidak memikirkan lagi masalah uang. Saat kesadaran untuk mempersiapkan dana pensiun dari sekarang, hanya ada satu hal yang bisa kita lakukan yaitu investasi.


7 Investasi terbaik untuk persiapan masa pensiun


Berikut ini saya rangkum 6 investasi terbaik untuk persiapan dana pensiun. Investasi ini bersifat unum dan sudah banyak dilakukan oleh orang yang peduli dengan masa pensiun mereka.

Investasi ini dirancang untuk mencapai pendapatan jangka panjang hingga 20 tahun kedepan. Semakin panjang jangka waktu investasi, semakin besar pula potensi dana pensiun yang kita dapatkan.


1. Asuaransi JHT ( Jaminan Hari Tua )


Bahasa JHT dalam asuransi merupakan sebuah dana yang dipersiapkan memang untuk masa pensiun. Saat kita mencapai masa tidak produktif, uang yang telah kita bayarkan ke asuransi, akan dikeluarkan setiap bulannya pada saat kita pensiun.
Dalam program yang dikeluarkan oleh BPJS ketenagakerjaan ini, bertujuan agar hari tua kita menjadi lebih tenang dan nyaman.


2. Asuransi Jiwa

asuransi jiwa

Selain asuransi di atas, ada lagi bahasa anuitas yang merupakan program hari tua dari perusahaan asuransi lainnya. Jenis asuransi ini sama halnya seperti menabung dan investasi sampai kita meninggal.

Seperti contoh program anuitas Asuransi Jiwa dari Jiwasraya, alianz, reliance life, BRI Life. Perusahaan asuransi ini akan memberikan kita uang secara rutin yiap bulannya sampai kita meninggal dunia. Seperti yang ditawarkan oleh BRI Life, terdapat beberapa tipe Anuitas yang bisa kita ambil.


3. Deposito


Deposito merupakan cara terbaik dalam menabung di Bank tetapi dengan bunga yang lebih tinggi. Dengan mengikuti program investasi ini, anda akan mendapatkan bunga setiap bulan atau setiap tahunnya.

Jangka waktu deposito sangat beragam. Mulai dari jangka pendek, sampai jangka panjang. Deposito sangat disarankan untuk anda yang memiliki dana yang nganggur di tabungan. Daripada dana itu di endapkan di tabungan, lebih vaik kita masukan dalam program investasi Deposito di Bank.

Jumlah keuntungan yang bisa kita peroleh dari deposito sangatlah besar jika dibandingkan menabung seperti biasa. Tetapi uang yang sudah kita depositokan tidak akan bisa ditarik sebelum masa tenor tercapai.


4. Menabung Emas




Mungkin anda belum membaca artikel teman saya mengenai investasi emas. Investasi emas yang dilakukan sama halnya seperti menabung emas dan menyimpannya dalam jangka waktu yang panjang.

Investasi emas sangatlah menguntungkan jika dibandingkan menabung uang di Bank. Emas tidak akan kena dampak inflasi, sedangkan tabungan uang, bisa saja kena inflasi di masa depan.


5. Obligasi


Salah satu investasi terbaik untun masa pensiun adalah obligasi. Obligasi merupakan sebuah istilah dalam keuangan yang merupakan sebuah pernyataan hutang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

Obligasi dalam keuangan sangat identik dengan pinjam kepada pemerintah maupun perusahaan. Si peminjam wajib membayar pokok pinjaman beserta bunga saat jatuh tempo.

Bunga dari Obligasi atau Dana obligasi bisa menjadi sumber pendapatan tetap setiap bulannya pada saat anda pensiun. Obligasi tersedia dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Dalam hal investasi untuk masa pensiun, obligasi jangka menengah dan jangka panjang dapat memberikan bunga yang tinggi tetapi kualitas yang lebih rendah.


6. Investasi Real Estate


Investasi real estate bisa kita lakukan sendiri dengan membeli beberapa rumah atau tanah untuk dijual beberapa tahun kemudian. Selain itu investasi bisa dilakukan dengan menanam modal pada Real Estate Investment Trust (REIT).

Dengan menanam modal di REIT, anda akan menerima pendapatan setiap bulannya yang di hasilkan oleh dana investasi anda.
Investasi ini sama halnya seperti menanamkan modal pada perusahaan real estate yang mengelola properti, mengumpulkan uang sewa properti, membayar biaya management kemudian sisanya di diatribusikan kepada pemilik investasi dalam hal ini adalah investor.


7. Deviden Investasi Saham

Deviden Investasi Saham

Deviden merupakan sebuah bisnis dimana pemegang saham akan mendapatkan laba berdasarkan saham yang dimiliki. Perusahaan besar biasanya menjual beberapa saham yang mereka miliki.

Manfaatkan peluang ini dengan membeli saham yang menyediakan deviden untuk pemegang saham. Dengan memanfaatkan situasi ini, anda akan dengan mudah mendapatkan uang dari saham yang anda miliki.

Dalam pembelian saham, kita harus berhati hati. Jangan mudah tergiur dengan deviden yang besar, karena resiko akan besar pula. Ingatlah untuk selalu memahami resiko dalam sebuah investasi. Jika anda tidak ingin rugi dengan tindakan yang anda lakukan. Bukannya anda tenang di masa pensiun, malah gulung tikar dan rugi banyak. Untuk itulah untuk selalu berhati-hati.

Label: ,