Cara meminjam uang di Bank untuk modal Usaha


Cara meminjam uang di Bank untuk modal Usaha

Pada postingan sebelumnya kami sudah memberikan rahasia membuka usaha rumahan. dalam post tersebut sudah kami jelaskan kalau sebuah usaha perlu adanya permodalan. Modal usaha ini bisa kita siapkan sendiri dengan menggunakan uang di Tabungan kita atau dengan cara meminjam di Bank. Tapi tahukah anda kalau meminjam uang di Bank untuk modal usaha cukup simpel dan mudah. Jika memang usaha yang akan kita carikan pinjaman itu sudah berjalan, malah bisa diberikan pinjaman tanpa anggunan. Kalau memang anda merasa kesulitan atau bahkan tidak mengetahui bagaimana cara meminjam uang di Bank untuk modal usaha anda, kami akan memberikan gambaran umum apa saja yang perlu kita siapkan sebelum meminjam uang di Bank.

Baca dengan santai ya.. Jangan terburu buru untuk meminjam uang dan langsung pergi ke Bank. Persiapkan dulu, apa anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman atau tidak? Kalau memang belum memenuhi syarat, lebih baik anda mempersiapkan apa saja yang kurang.

Hal yang perlu dipahami sebelum mengajukan pinjaman di Bank

Meminjam uang untuk modal usaha bukan hanya dilakukan oleh bisnis kecil seperti bisnis rumahan, tetapi juga bisa dilakukan oleh bisnis besar. Jangan melihat sesuatu dari luarnya saja! Perusahaan besarpun banyak hutang lho. Ada sih perusahaan yang nggak punya hutang. Tetapi sebagian besar mempunyai hutang. Dalam bisnis yang besar meminjam dana milyaran sudah hal yang lumrah. Tetapi perusahaan besar bisa dengan mudah meminjam uang sebesar itu. Kalau bisnis yang kecil dan tergolong baru belum tentu mendapatkan persetujuan dalam pengajuan pinjaman modal usaha di Bank.

Saat kita memulai sebuah usaha dan memerlukan pinjaman, Perhatikan jenis usaha yang kita kalankan. Usaha yang kita miliki itu sakala kecil, menengah, atau skala besar? Untuk usaha kecil lebih baik berfikir untuk mengajukan pinjaman yang kecil. Misalnya saja pinjaman 10 juta ke bawah masih tergolong wajar untuk usaha kecil. Pihak Bank juga pasti akan melihat aspek dari segi itu dan juga dari segi penghasilan dan harta yang kita miliki. Pinjaman uang yang tidak sesuai dengan Laba usaha yang kita jalankan pasti akan memberatkan anda, bahkan bisa membuat anda berfikir untuk menutup usaha anda.

Cara meminjam uang di Bank untuk modal Usaha






Untuk usaha skala kecil, memiliki persyaratan berbeda dengan Bisnis yang besar. Jenis pinjaman dan suku bunga juga pasti berbeda. Berikut ini perbedaan persayaratan yang harus diperlukan antara Bisnis kecil dengan Bisnis Besar.

A. Persyaratan Meminjam Uang ke Bank Untuk Usaha Kecil


Persyaratan Meminjam Uang ke Bank Untuk Usaha Kecil

Untuk Usaha Kecil dan menengah bisanya memiliki Plafon Kredit yang relatif kecil. Dimana Pihak bank akan mepertimbangkan banyak hal. Apabila usaha yang kita miliki masih akan berdiri, Kemungkinan pihak Bank akan melihat dari sisi penghasilan yang anda miliki. Biasanya 40 % dari Penghasilan yang anda miliki setiap bulannya. Persyaratan Pengajuan pinjaman kredit untuk usaha kecil di Bank yaitu :

  1. Kartu Identitas Lengkap seperti Fotocopy KTP. Dalam hal ini harus sudah menggunakan E-KTP.  Biasanya anda akan diminta melampirkan Fotocopy KTP Istri
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Akta Kelahiran
  4. Fotocopy Buku Tabungan
  5. Slip Gaji Terakhir.  

B. Persyaratan Untuk Usaha Skala Besar

Usaha atau bisnis skala Besar  memiliki perbedaan Plafon Kredit. Bisnis skala besar biasanya memiliki Laba Perusahaan yang besar Juga. Usaha sekala besar bisanya sudah memiliki akta pendirian dan memiliki ijin usaha seperti CV dan PT. Untuk persyaratan yang diperlukan biasany adalah :

  1. Kartu Identitas Lengkap seperti Fotocopy KTP. Dalam hal ini harus sudah menggunakan E-KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Akta Kelahiran
  4. Fotocopy Buku Tabungan
  5. Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan
  6. Fotocopy Ijin Usaha

Bagaimana cara biar pengajuan pinjaman untuk modal usaha bisa disetujui ?

Untuk Modal usaha biasanya pihak bank akan memberikan modal yang sesuai. apabila memang benar usaha anda sudah berjalan, pengajuan Kredit anda pasti disetujui. Sesuatu yang harus diperhatikan bahwa pihak bank akan melakukan survey ke tempat usaha atau ke rumah anda. Jadi disarankan untuk membuat usaha dulu baru mengajukan pinjaman. Hal tersebut sesuai dengan pengalaman yang kami alami.

Label: , ,