Investasi Emas, Saham, Bitcoin – Mana yang Lebih Menguntungkan?

investasi emas, saham, bitcoin

Berbicara masalah investasi, calon investor pasti akan bertanya investasi mana yang lebih menguntungkan? investasi yang lebih menguntungkanlah yang akan di pilih. Mau investasi Emas, Saham, bitcoin dan investasi lainya. Khusus membahas 3 investasi tersebut, saya akan mencoba menjelaskan kira kira mana sih yang bisa bikin keuntungan yang lebih besar untuk kita?
Meminimal resiko dan memaksimal keuntungan di dalam sebuah investasi merupakan harapan semua investor. Siapa sih yang mau rugi?pastinya semua mau untung. Seperti investor profesional bilang kalau ingin keuntungan yang besar, perlu modal yang besar dan resiko yang besar juga. Jadi untuk investor pemula, janganlah bermimpi mendapatkan keuntungan yang besar kalau modal investasi anda kecil.

Mana yang lebih menguntungkan ?

Saat pertanyaan ini muncul, saya pun akan menjawabnya lewat sebuah tulisan lengkap kira kira investasi emas lebih menguntungkan dari investasi saham atau bitcoin?

Investasi Emas

Berinvestasi di Emas sudah banyak dilakukan sejak dulu. Mereka selalu berasumsi kalau harga emas itu seperti harga properti, tanah, dan lainnya. Tetapi kejadian mengejutkan malah terjadi di tahun 2014. Harga Emas anjlok tak terkontrol. Lalu apakah Investasi emas masih menguntungkan?
Setelah penurunan harga emas hampir menyentuh harga produksi, Setelah itu harga emas kembali stabil dan semakin meningkat setiap tahunnya. Kelangkaan emas di dunia membuat harga emas tidak akan pernah turun. investasi emas memang sebuah investasi yang tidak terdampak inflasi. Berbeda dengan uang yang sangat besar terjadi inflasi. Karena alasan inflasi, investasi Emas lebih menguntungkan jika dibandingkan menyimpan uang di bank.
Jika anda melakukan investasi emas real, Potensi keuntungan dalam investasi tidak terlalu besar. jika dibandingkan dengan menyimpan uang, masih lebih menguntungkan menyimpan emas dan menjualnya saat harga sudah tinggi. Coba kita perkirakan berapa keuntungan yang bisa kita dapatkan. Perhatikan chart harga emas di bawah :
Chart harga emas

Perhitungan Keuntungan investasi emas :

Merujuk dari data real harga emas pada chart di atas, Apabila anda membeli Emas sebanyak 1 gram pada bulan Mei 2017 dengan harga 544.870 apabila kita menjualnya pada bulan Maret 2018, Emas anda akan dibeli dengan Harga 601.869. Jadi keuntungan yang anda dapat dengan investasi emas selama kurang dari 1 Tahun dengan perhitungan sebagai berikut :
Harga jual – harga beli = Keuntungan
601.869 – 544.870 = 56.999
Seperti itulah perhitungan investasi emas secara nyata. Sama halnya seperti menyimpan emas dalam waktu yang lama. Harganya terus naik seiring waktu berjalan. Berbeda dengan Trading Emas yang bisa kita jual dan kita beli dalam waktu singkat. Memiliki tingkat kesulitan dan resiko yang cukup tinggi. Untuk trading Emas, akan dijelaskan oleh rekan saya di tulisan yang lainnya.


Investasi Saham

Sangat berbeda dengan Investasi Emas. Investasi saham juga sangat menguntungkan. Keuntungan yang kita dapatkan tergantung dari dana yang kita keluarkan. Pertumbuhan sebuah saham berbeda. Jenis saham yang bisa kita beli sangat beragam. salah satu saham yang mungkin kita beli adalah saham IHSG. Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dalam bahasa inggris Indonesia Composite Index ( ICI atau IDX Composite ).
Posisi tertinggi saham tercatat pada Bulan Januari 2018 yaitu pada titik 6.660.62 dan terendah pada Bulan september 2013 yaitu di titik 4.072.35. Merujuk pada chart di bawah :
Chart indeks harga saham gabungan
Dari perubahan posisi harga tersebut, Bisa kita perkirakan berapa jumlah keuntungan yang bisa kita dapatkan jika investasi di saham? Keuntungan tidak sedikit jika dibandingkan investasi emas, investasi saham sangat menguntungkan. Lalu bagaimana dengan Bitcoin? mana lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan investasi saham?

Investasi Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah alat pembayaran baru yang biasa di sebut Cryptocurrency. Pada awal kemunculannya, Bitcoin memang di buat sebagai alat pembayaran. Tetapi seiring berkembangnya pengguna Bitcoin membuat Cryptocurrency ini digunakan sebagai instrument Investasi. Sudah banyak sekali Investor bitcoin yang mencoba keberuntungan mereka dalam investasi ini. Kemudahan dalam transaksi membuat mereka banyak yang investasi di Bitcoin.
Cukup dengan mendaftar di indodax.com mereka sudah bisa bertransaksi bitcoin dengan mata uang Rupiah. selain transaksi bitcoin, anda juga dapat investasi di Cryptocurrency lainya seperti etherum, litecoin, dll.
Harga terakhir untuk 1 BTC = 108.300.000 Rupiah. Untuk harga sebesar ini, pertumbuhannya sangatlah cepat. Apalagi Harga ini belum tentu akan naik lagi. Posisi aman sebagai investor bitcoinpun harus kita ambil. Menunggu harga kembali turun dulu, Barulah membeli bitcoin lagi. Perhatikan chart harga bitcoin di bawah :
Chart harga bitcoin rupiah
Seperti yang dip[erlihatkan chart di atas, harga bitcoin tertinggi pernah mencapai harga 262.892.834 rupiah. Kemudian terus turun dan sampai sekarang mencapai harga 108.299.000 rupiah. Jadi dari harga tertinggi sampai sekarang mengalami penurunan lebih dari 100 %. Apakah ini wajar?
Harga bitcoin yang naik secara drastis mengundang banyak investor untuk investasi bitcoin. Tetapi setelah harga berada di atas, Harga turun drastis membuat kerugian yang di alami investor sangat banyak. Untuk situasi sekarang, sangatlah tepat untuk tetap mempertahankan Investasi bitcoin, Karena harga Bitcoin Mulai stabil.

Kesimpulan mana investasi yang lebih menguntungkan :

Dari ketiga investasi di atas, investasi Emas, Saham, dan bitcoin saya mengambil kesimpulan kalau investasi Emaslah yang paling aman dan Investasi Sahamlah yang paling menguntungkan. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau investasi Bitcoin bisa menjanjikan keuntungan yang besar juga. tetapi tetap resiko menjadi tanggung jawab sendiri.

Label: ,