Panduan Memulai Investasi Emas untuk Pemula tanpa Resiko

Panduan Memulai Investasi Emas

Emas merupakan sebuah aset berwujud yang harganya selalu meningkat setiap tahun. Investasi di emas akan membuat investasi yang aman tanpa resiko yang berarti. Pemula mungkin masih bingung untuk memulai investasi emas dari mana dan kapan? Harga sebuah aset yang kadang naik dan kadang turun membuat ketakutan investor pemula untuk berinvestasi di emas. Panduan memulai investasi emas untuk pemula sangat diperlukan untuk menghindari resiko yang mungkin saja terjadi.

Seperti yang kita tahu, Belakangan ini harga emas sempat jatuh ke dasar. harga yang sedang ada di bawah membuat ketakutan yang semakin dalam. Ketahuilah bahwa harga yang sedang murah merupakan potensi keuntungan yang tinggi dalam investasi emas. Memulai dari sekarang dengan mengikuti panduan investasi yang tepat akan membuat anda sukses dan untung besar.

Pemahaman Dasar tentang Emas

Beberapa hal yang harus anda pahami sebelum mulai investasi di logam mulia seperti emas antara lain :
  1. Emas merupakan Logam mulia yang tidak akan tergerus inflasi
  2. Investasi Emas sangat mudah, tetapi kedengarannya menyeramkan. Padahal anda hanya perlu membeli Emas kemudian menyimpannya dan menjual saat harga emas sudah tinggi.
  3. Perkembangan cara investasi dalam emas membuat investasi semakin rumit.
  4. Emas dapat dibeli dalam bentuk nyata dan bisa dibeli online berupa aset yang takter bentuk.
  5. Investasi Emas bisa membuat anda rugi kalau anda membeli pada saat yang salah.

Tujuan Pembelajaran tentang investasi

Materi yang akan kita bahas kali ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa investasi kepada mereka yang ingin mendapatkan uang dari sebuah bisnis investasi yang aman, mudah, dan tanpa resiko. Mungkin kebanyakan orang menilai kalau investasi merupakan sebuah bisnis yang beresiko. Semakin besar investasi yang kita lakukan, semakin besar pula potensi keuntungn maupun resiko yang akan kita tanggung.

Investasi bukanlah hal yang baru di dalam dunia bisnis. Investasi bisa membuat anda cepat kaya dan banyak uang, tetapi juga bisa mengeruksemua kekayaaan yang sudah anda miliki saat ini. Dunia investasi di ibaratkan sebuah arena pertempuran yang akan membuat anda menang jika kuat, dan akan kalah jika lemah.

Panduan Memulai Investasi Emas Untuk Pemula tanpa Resiko

Setelah memahami 5 hal mendasar tentang investasi emas di atas, barulah kita mulai membahas mengenai cara memulai investasi emas tanpa resiko untuk pemula yang baru belajar berinvestasi di Logam Mulia seperti Emas. Lakukanlah sesuai dengan panduan yang saya berikan. Bersabar dan belajar, akan membuat keuntungan datang dalam investasi yang anda lakukan.



1 Menentukan Tujuan kenapa harus investasi di Emas

Setiap investasi yang baru dimulai, harus ada alasan kenapa kita berinvestasi. Setelah itu barulah akan terjawab sebenarnya tujuan anda melakukan investasi itu apa. Tujuan investasi hampir sama seperti sebuah cita – cita yang akan memotivasi kita untuk mencapai cita –cita tersebut.

Tujuan yang mungkin dan masuk akal dalam sebuah investasi emas biasanya adalah untuk mendapatkan uang tambahan, melipat gandakan uang, menabung untuk masa depan, dan masih banyak yang lainnya.

Sebuah tujuan investasi yang terlalu tinggi akan membuat keinginan tersebut hanyalah sebuah angan – angan yang tidak mungkin tercapai. Seseuaikan tujuan investasi dengan modal yang anda miliki dan gunakan dalam investasi.

2. Gunakan Modal untuk investasi dengan bijak

Dalam sebuah investasi yang memiliki resiko, penggunaan dana yang disarankan adalah dana milik kita sendiri dan bukan dana pinjaman. Jangan menggunakan semua dana yang kita miliki. paling tidak kita menyisakan beberapa untuk antisipasi. Dengan melakukan ini, investasi akan terasa sangat aman dan tidak beresiko. Kitapun tidak akan takut untuk melakukan transaksi beli dan jual emas.

Hal serupa juga dilakukan dalam bisnis trading emas. Transaksi yang menguntungkan dan kadang merugikan akan tetap berjalan saat dana masih banyak tersisa. Begitu juga dalam investasi emas, saat kita membeli emas dengan harga mahal, kita masih bisa membelinya lagi saat harga kembali murah. Tujuannya untuk menutupi kerugian dari pembelian Emas dengan harga mahal.

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau harga tersebut merupakan harga terendah dan tertinggi? semuanya akan saya bahas dalam postingan yang berbeda. Untuk pemula, cukup mengetahui pengetahuan dasar dasar investasi Emas.

3. Menentukan Jumlah Emas yang ingin kita Beli dan Kumpulkan.

Saat keputusan untuk membeli dan menyimppan emas sudah anda tentukan, jumlah investasi emas harus sesuai dengan modal yang kita punya. Selain itu, jumlah ini harus sesuai juga dengan tujuan kita melakukan investasi.

Seperti contoh jika anda ingin investasi di emas untuk dana hari tua, mulailah berhitung potensi keuntungan yang akan anda dapatkan saat anda tua nanti.

4. Memikirkan Tempat Penyimpanan Emas

Seperti pada investasi emas pada umumnya, kebanyakan orang menyimpan emas mereka pada tempat yang aman. tujuannya adalah untuk melindungi aset yang kita miliki supaya tidak hilang. Jika anda melakukan pembelian online dengan emas yang tidak berwujud, mungkin anda tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan.

Jika memang ingin investasi emas dengan aset yang berwujud atau boleh dibilang dengan memiliki, menyimpan emas di rumah, mungkin anda bisa mempertimbangkan 4 tempat yang aman untuk menyimpan emas seperti di bawah ini:

Simpan emas

#Menyimpannya di Brankas

Penyimpanan yang aman di rumah adalah sebuah brangkas yang kuat dan terkunci dengan rapat. Brangkasini hendaknya di tempatkan pada lokasi yang aman dan tidak mudah ditemukan oleh pencuri maupun perampok. Dengan menaruhnya di Brangkas, keamaan investasi emas akan tetap terjaga dan kita tidak perlu khawatir akan kehilangan Emas kita.

#Memanfaatkan Jasa Safe Deposit Box (SDB)

Jika anda tidak memiliki brangkas di rumah, anda dapat memanfaatkan jasa penyimpanan yang aman di Safe Deposit Box (SDB). Jasa penyimpanan ini biasanya disediakan oleh Bank – Bank ternama di Kota besar. SDB ini bisa kita sewa dengan harga yang bervariasi.

SDB yang di sediakan oleh bank bukanlah Brangkas sembarangan. Kekuatan sangat berbeda dengan brangkas yang kita miliki di rumah. Cuma bedanya kita harus membayar sewa setiap bulannya. 

#Menitipkan di Pegadaian

Cara lain yang aman untuk menyimpan emas adalah menitipkannya di pegadaian. Hampir sama seperti mengadaikan emas di pegadaian. Emas yang kita simpan akan aman dan jumlahnya tidak akan berubah. Kita hanya perlu menebus emas tersebut jika ingin mengambil titipan tersebut di pegadaian.
Cara ini sangat efektif jika anda meningglkan rumah dalam jangka waktu singkat. di pegadaain kita hanya diberikan waktu yang singkat sampai emas yang kita titipkan kita tebus.

5. Patikan anda mendapatkan dan menyimpan emas anda sendiri.

Beberapa panduan investasi emas untuk pemula mungkin saja melewatkan hal ini. Dalam investasi emas, pastikan anda mendapatkan apa yang anda beli. Seperti contoh dalam hal ini adalah Emas. Jumlah yang harus anda dapatkan haruslah sesuai. Membeli di tempat yang aman, dan menyimpan di tempat yang aman pula sampai anda menjual semua Emas yang anda miliki.

Secara aman, investasi Emas, harus anda lakukan sendiri dengan membelinya secara langsung tanpa perantara siapapun. Belakangan ini banyak kejadian penipuan yang mengatasnamakan investasi Emas, tetapi setelah anda menyetorkan sejumlah uang, Emas yang anda inginkan tidak anda dapatkan.

Janganlah Mudah tergoda dengan Pihak amnapun, apalagi yang menjanjikan keuntungan yang besar dan tidak masuk akal dalam investasi Emas. Hal ini akan menghindari adanya penipuan dan kerugian dalam investasi yang anda lakukan.

Label: ,